Skip to main content

Kenali Gejala Depresi pada Diri Sendiri Terbaru

Kenali Gejala Depresi pada Diri Sendiri Terbaru


Kenali Gejala Depresi
Depresi adalah masalah yang bisa dialami oleh siapapun di dunia ini.

Mungkin diantara anda pernah mengalami Depresi tanpa tahu sebab dan musababnya sampai membuat anda semakin Depresi karena tidak ketemu jawabanya.Akhirnya anda jadi uring uringan sendiri,semua jadi serba salah karena menurut anda,tak seorang pun yang bakal memahami masalah anda;bagaimana bisa mengharapkan bantuan orang lain jika demikian keadaanya.


Masalah PHK dan sulitnya mencari pekerjaan,sulitnya mempertahankan pekerjaan dan krisis keuangan adalah masalah saat ini yang sangat umum menjadi pendorong timbulnya depresi di kalangan profesional.


Jadi apa sebenarnya depresi itu sendiri?apa saja penyebab dan gejala dari Depresi tersebut.


Sebenarnya penyebab depresi bisa dilihat dari faktor biologis misalnyq karena sakit,pengaruh hormonal,depresi pasca melahirkan,penurunan berat yang dratis.dan faktor pisikososial misalnya konflik individual atau interpersonal,masalah eksistensi,masalah kepribadian,masalah keluarga.ada pendapat yang menyatakan bahwa masalah keturunan punya pengaruh terhadap kecenderungan munculnya depresi.Gejala Depresi bisa kita lihat dari tiga segi,yaitu gejala dilihat dari segi fisik,psikis dan sosial.


Secara umum gejala fisik yang relatif mudah dideteksi adalah seperti sulit tidur baik terlalu banyak atau terlalu sedikit,individu yang menujukkan perilaku yang pasif,menyukai kegiatan yang tidak melibatkan orang lain seperti menonton TV,makan dan tidur.yang jelas,orang yang terkena depresi akan terlihat dari metode kerjanya yang menjadi kurang terstruktur,sistematika kerjanya jadi kacau atau kerjanya jadi lamban.

Sedangkan dari segi psikis mempunyai tanda tanda seperti kehilangan rasa percaya diri,sensitif merasa diri tidak berguna,perasaan bersalah dan terbebani.Individu yang kehilangan rasa percaya diri,disebabkan orang yang mengalami depresi cenderung memandang segala sesuatu dari sisi negatif termasuk menilai diri sendiri.

Sementara gejala dari segi sosial,jangan heran jika masalah Depresi dari diri sendiri pada akhirnya mempengaruhi lingkungan dan pekerjaan(aktifitas rutin lainnya).bagaimana tidak,lingkungan akan bereaksi terhadap perilaku orang depresi tersebut yang pada umumnya negatif (mudah marah,tersinggung,menyendiri,sensitif,mudah letih dan sakit).


Problem sosial yang terjadi biasanya berkisar pada masalah interaksi dengan rekan kerja,atasan atau bawahan.Masalah ini tidak hanya berbentuk konflik,namun juga masalah lainya seperti minder,malu,cemas jika berada diantara kelompok dan merasa tidak nyaman untuk berkomunikasi secara normal.mereka merasa tidak mampu untuk bersikap terbuka dan secara aktif menjalin hubungan dengan lingkungan sekalipun ada kesempatan.


Jika seseorang mengalami depresi berarti dalam dirinya menyimpan perasaan negatif,maka jelas akan membebani pikiran dan perasaan dimana saja dan kapan saja,suka tidak suka,segala aktifitas pun akan menjadi berantakan.karena itu,kenalilah gejala Depresi yang menyerang anda,agar anda dapat mengatasinya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar