Skip to main content

Hari Batik Nasional di Sambut Dengan Batik Ramah Lingkungan


Hari Batik Nasional di Sambut Dengan Batik Ramah Lingkungan


Hello kawanku semua kita ketemu lagi ya.dipostingan kali ini saya akan berbagi tentang batik.kain batik merupakan kain yang sangat populer di indonesia.Batik merupakan warisan dunia unesco.batik merupakan pakaian khas dari indonesia.


Batik adalah kain yang dilukis dengan menggunakan canting dan lilin cair untuk membentuk lukisan bernilai seni tinggi di atas kain. Batik berasal dari amba kata dan tik yang merupakan bahasa Jawa, yang berarti itu adalah titik menulis. Jika peninggalan disebut yakni Ambatik.

Dari sini kita bisa dimengertilah ya, yang itu dicat batik dengan canting. Namun batik nyata dibuat dengan berbagai metode, tidak hanya dengan canting saja. Tapi kita bahasnya kemudian, sekarang kita kembali ke gagasan batik.

tertulis dari 2000 tahun yang lalu di Timur Tengah, Asia Tengah, dan India.

Dalam peradaban Mesir kuno, teknik batik yang digunakan untuk membungkus mumi dengan linen. kain linen ini dilapisi dengan lilin, kemudian tergores dengan benda semacam tajam dari jarum atau pisau untuk mengukir motif.


Kemudian kain dicelupkan ke dalam berbagai cairan seperti darah atau warna abu-abu. Selanjutnya, setelah warna meresap kemudian kain linen ini direbus untuk melepaskan lilin. Jadi bagian yang tidak dilapisi oleh lilin akan berwarna sesuai mewarnai, sedangkan bagian akan berwarna dilapisi lilin dasar kain.

Di era Dinasti Tang (618-690 tahun) di Cina, seperti teknik juga telah ditemukan. Bahkan pada saat Dinasti Sui (581-618 tahun) teknik ini telah dipraktekkan tahu. Karena Cina adalah bangsa pedagang di seluruh dunia, teknik ini kemudian menyebar ke banyak benua seperti Asia, Amerika, Afrika, dan bahkan ke Eropa.

media yang digunakan untuk menahan warna yang berbeda pada masing-masing negara. Beberapa menggunakan bubur tepung, dan beberapa bahkan menggunakan bubur nasi kering. Ternyata tidak semua dari mereka menggunakan lilin. Ada dugaan bahwa asal-usul teknik batik berasal dari Sumeria (sekarang Irak selatan).


 17 September 2019, 18:48 WIB Hari Batik Nasional 2019 Digelar di Jakarta dan Solo
HumanioraIstimewa  Istimewa
Jumpa pers Hari Batik Nasional 2019 di Jakarta, Selasa (17/9)
HARI Batik Nasional secara rutin dirayakan setiap 2 Oktober bertepatan dengan ditetapkan batik sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity atau Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-Bendawi oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 2 Oktober 2009.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Yayasan Batik Indonesia yang ke-25 serta ditetapkannya batik Indonesia sebagai warisan budaya nonbendawi oleh UNESCO, Yayasan Batik Indonesia merayakan Hari Batik Nasional 2019 dengan tujuan melestarikan dan meningkatkan nilai tambah batik Indonesia yang merupakan potensi kekayaan Nasional.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar